Apa kabar semuanya semoga dalam keadaan sehat semuanya, kali ini penulis akan berbagi tips bagaimana cara menggunakan website Scimago, Mari kita simak berikut caranya.

Langkah pertama yang kalian bisa lakukan adalah membuka aplikasi untuk berselancar di internet, aplikasi apa saja bisa asalkan terhubung dengan internet yah, misalnya kalian bisa menggunakan aplikasi Chrome.
Setelah membuka Chrome kalian ketikan dibagian pencarian dengan kata "SCIMAGO" maka akan keluar tampilan seperti ini.


Setelah muncul tampilan di atas kalian bisa diklik yang paling atas, kalau masih bingung bisa lihat tampilan berikut ini



Jika sudah kalian klik yang ditandai dengan kotak merah, maka langkah selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini.

Ketika tampilan awal dari www.scimagojr.com maka kalian tinggal ketikan saja dikolom pencarian kata kunci atau keyword jurnal yang akan kalian cari harus dalam bahasa inggris yah tidak bisa dalam bahasa indonesia jadi harus sudah tau dulu keywordnnya dalam bahasa inggris. Penulis disini memberikan contoh dengan mengetikan kata "microeconomic". Maka akan muncul tampilan seperti ini.


Berdasarkan tampilan diatas maka akan keluar nama dari jurnal-jurnal yang berkaitan dengan keyword microeconomic, kalian bisa memilih yang mana saja sesuai dengan keinginan kalian jurnal-jurnal yang mana saja yang akan kalian jadikan referensi. Disini penulis memilih nama jurnal yang paling pertama, kalian bisa langsung klik saja maka akan muncul tampilan informasi tentang jurnal tersebut.


Jika sudah muncul tampilan seperti diatas kalian bisa melihat-lihat semua informasi yang berkaitan dengan jurnal tersebut informasinya sangat lengkap kalian bisa scroll kebawah dan tinggal kalian baca sendiri, Jika kalian akan menjadikan jurnal tersebut sebagai referensi kalian dalam menulis karya ilmiah, skripsi maupun Thesis. Caranya kalian tinggal ketikan saja nama jurnalnya "American Economic Journal: Microeconomics" dipencarian google tinggal kalian cari jurnal yang berkaitan dengan yang akan kalian jadika referensi.

Sekian tips yang dapat penulsi berikan semoga bermanfaat, Terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca.