Sering kali ketika dalam mengerjakan karya ilmiah, skripsi, thesis maupun disertasi penulisan kutipan sangatlah penting agar menghindari plagiarisme atau sering disebut penjiplakan, jangan sampai kita melakukan itu karena akan berakibat fatal terhadap tulisan yang akan kita tulis jika tidak menyantumkan kutipan. Dan juga yang tidak kalah pentingnya harus menuliskan daftar referensi di dalam bagian daftar pustaka.

Terkadang masih banyak sebagian orang yang kesulitan dalam menuliskan daftar referensi, yang bersumber dari buku maupun dari jurnal. Pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi tips bagaimana caranya menuliskan daftar referensi, mari simak caranya penulisan daftar referensi yang diambil dari google scholar.

Pertama-tama kalian silahkan buka aplikasi untuk browsing di internet dan ketikan google scholar pada kolom pencarian.



Langkah selanjutnya setelah muncul tampilan seperti diatas kalian bisa langsung klik google scholar, maka akan tampil gambar dibawah ini.


Jika sudah muncul tampilan seperti diatas maka langkah selanjutnya yaitu kalian bisa cari jurnal yang kalian jadikan sebagai referensi, ketikan saja judul jurnalnya maupun nama penulis dari jurnal tersebut. Penulis memberikan contoh dengan menggunakan kata kunci yaitu "Self Regulation", maka akan tampil seperti gambar diatas. Jika sudah maka langkah selanjutnya kalian bisa mengklik tanda kutip atau (") seperti itu, kalau masih bingung bisa melihat gambar dibawah ini.


Jika sudah kalian klik tanda kutip maka akan muncul style penulisan referensi untuk kalian tinggal salin didalam daftar pustaka, lihat gambar dibawah ini.



Kalau sudah muncul tampilan seperti gambar diatas kalian bisa memilih style penulisan untuk ditulis sebagai daftar referensi yang akan digunakan dengan cara memblok tulisan sesuai dengan style penulisan, misalnya style penulisan referensi yang kalian gunakan adalah APA, kalian tinggal pilih saja. semoga cara yang penulis berikan bisa bermanfaat.
Terima kasih sudah menyempatkan membaca.